Tuesday, August 13, 2013

Libur Lebaran 2013 - Yogyakarta

Sampai Yogya jam 3 pagi buta. Perjalanan dari Cirebon ke Yogya lewat Kebumen luar biasa jauh nya.. gak nyangka bisa lama sekali perjalanan yang di tempuh saat itu. Beberapa kali berhenti di tempat Makan sambil kuliner selama perjalanan cukup membuat kami semua agak terhibur dan melupakan 'sedikit' lelah dan kantuk selama perjalanan, apalagi yang nyetir.. hahahaha.. untung pakai dua pedal. Berangkat dari Cirebon sekitar jam 2 Siang dan sampai ke Yogya sekitar pukul 3 pagi tanggal yang beda.. hahahaha.. ampuuunnn...
Penginapan ala kadarnya. karena memang sengaja gak booking hotel dan menggunakan sedikit rasa petualangan jadi kami memang asik-asik saja jalan dari satu kota ke kota lainnya, sambil menikmati pemandangan dan tata cara hidup penduduk di sepanjang jalan yang kami lewati. sesampainya di Yogya jam 3 pagi, kami pun mencoba mencari penginapan. ada 18 hotel yang di listed di Agoda, semua nya penuh karena memang sedang musim libur. Seperti hal nya di Cirebon, Mama lah orang yang paling berjasa menemukan penginapan yang available. Bermodalkan Google dot com, dapat deh..tentunya bukan hotel berbintang yang kami nginapi, tapi sekedar losmen murmer namun cukup bersih lah.. lokasinya juga gak jauh dari pusat kota dan bisa berjalan kaki ke Malioboro. Namanya Hotel Puri Tumengung. Cukup recommended sih, parkirnya luas, pelayanannya memuaskan dan harga nya juga sangat terjangkau. Dan lokasi nya itu loh... sangat mudah akses nya.
Sungai Jernih pelepas penat. Setelah istirahat sejenak dan sholat subuh yang kemudian di susul dengan tidur lagi sebelum sarapan pagi di Sate Djono yang berlokasi tepat di pelataran parkir Hotel nya. Kami pun berangkat menuju Candi Borobudur. Ini adalah kali pertama kami ke sana. Mengandalkan GPS yang tertanam di Samsung G Note 2, kami pun mengarah kesana.. dan si GPS secara tidak sengaja membawa kami ke jalan alternative yang melalui sebuah sungai kecil yang mengalir dengan air yang sangat jernih.. waaah rasa nya puas sekali melihat pemandangan sungai tsb..  semua rasa penat kami terasa sirna di bawa arus air yang mengalir dan dingin.. kalo bawa baju banyak, pasti kami sudah mandi di sungai tersebut.

Sampai di Candi Borobudur. Setelah berjalan kurang lebih 1.5 jam dari hotel, kami pun sampai di candi yang menjadi icon karena bangunan tersebut merupakan salah satu dari keajaiban dunia.. subhanalloh.. luar biasa besar nya candi tersebut. Banyak wisatawan domestik maupun internasional yang berkunjung kesana untuk melihat dari dekat peninggalan sejarah tersebut. Agar tidak kena efek panas matahari, Daddy pun membelikan anak-anak dan mama nya masing-masing sebuah topi khas Borobudur, dan Daddy pakai topi kebangsaan nya sendiri. Dimulai dengan tour keliling candi menggunakan mobil gandeng atau kereta api atau odong-odong ya.. kami pun menikmati pemandangan candi yang luar biasa tersebut.. decak kagum wisatawan lain yang bersama kami tak henti-henti nya terdengar.
Berfoto di Borobudur. Setelah mengitari candi, kami pun di drop di salah satu sudut candi dimana tempat tersebut adalah starting point untuk naik ke atas candi. Wow.. luar biasa, pengunjung nya padat sekali bow.. sampai tangga naiknya juga penuh sesak dengan pengunjung.. Tangga demi tangga kami daki, akhirnya sampai juga di bagian paling atas dari Candi, yang tentunya di hiasi dengan banyak stupa Borobudur yang terkenal itu. Kami pun mengabadikan gambar kami untuk kenang-kenangan.. yeee.. udah sampai ke Borobudur!! (noraks dot com). Perjuangan untuk melihat 'batu' ini cukup seru dan melelahkan. jadi kami harus menikmatinya dengan sebenar-benarnya.... dan tak henti-hentinya kami bersyukur kepada Allah SWT atas segala karunianya kepada kami. Alhamdulillah. Setelah puas menikmati Borobudur, kami pun kembali ke Yogya, tak lupa membeli beberapa kaos souvenir yang bisa di jadikan baju ganti, karena kami emang gak bawa baju.. hehehe...
Taman Pintar Yogya. Salah satu lokasi yang di rekomendasi kan di Yogya khususnya untuk anak-anak adalah 'Taman Pintar'... sebuah situs yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan teknologi disajikan di taman ini. Taman ini tidak kalah taman serupa yang ada di Singapore, malah taman Pintar ini lebih keren lagi. Yang menarik perhatian kakak Daffa dan Pasha adalah Mobil / Bis Listrik, karena gak hanya cerita, tapi benar-benar mobil tersebut ada di sana. Tentunya bis tersebut sangat ramah lingkungan yaa..  Di Taman Pintar ini kita bisa melihat juga proses-proses dalam teknologi industri, misalnya pabrik susu formula, kita bisa melihat proses fabrikasinya dari Sapi sampai product di kemas kedalam kemasan hygienis.. ada juga proses terjadi nya petir, hujan, dll. Untuk anak-anak seusia Daffa dan Pasha, taman Pintar ini sangat bermanfaat..
Seperti biasa nya, kakak Daffa sempat menunjukkan kebolehannya (baca=keberaniannya/ke pe-de-an nya) naik keatas panggung untuk sekedar sharing ilmu kimia yang dia dapatkan di JIBBS kepada ratusan pengunjung yang menonton di acara Pojok Kreasi Sains yang diadakan di taman Pintar Yogja. tak ayal tepukan tangan pengunjung riuh rendah menyambut keberanian kakak Daffa. berbeda dengan kakak nya, Pasha tidak se-nekat itu.. dia hanya memperhatikan kakak nya berada di panggung bersama kakak-kakak yang memperagakan sains. Yang Daddy kagum sama kakak Daffa adalah, keberanian alias ke pe-de an nya itu.. luar biasa Subhanalloh.. semoga menjadi anak yang sholeh dan berguna untuk semua. aamiin..
Yogya memang luar biasa.. sebuah kota pelajar yang sungguh mengagumkan.. suatu saat pasti Daddy dan Mama ingin kembali ke Yogya. tentunya kangen dengan kuliner nya dan kue Bakpia "Kurnia Sari" promosi dikit ah..  cobain deh.. beda dengan bakpia biasa. (khususnya yang keju). ini juga gara-gara pernah di bawa in oleh teman daddy yang namanya Dwi Hadiwanoto beberapa waktu lalu.. dan akhirnya tak bisa ke lain hati deh... Kurnia sari memang recomended..